Selasa, 07 April 2015

Body Parts Mahal & Susah

Body Parts Mahal & Susah

Biasanya dengan harga murah kita bisa mendapatkan mobil yang pada waktu baru harganya tinggi. Tapi sebelum memutuskan untuk membeli mobkas, ada baiknya Anda memastikan suku cadang tersedia di pasaran. 

Selain ketersediaan komponen di pasaran, ada baiknya Anda juga mengetahui harganya. Ada juga mobil yang suku cadangnya tersedia di pasaran namun harganya mencekik. 

Bahkan terkadang sering tidak sebanding dengan harga mobilnya. Biasanya ini terjadi di mobil-mobil ATPM yang populasinya sedikit. 

Untuk suku cadang fast moving  seperti kampas rem, kopling, sokbreker dan sebagainya, biasanya tidak terlalu masalah. Komponen substitusi bisa diusahakan atau bisa juga menggunakan parts  generik. Namun selain itu, Anda juga harus memperhatikan komponen yang tergolong slow moving,  khususnya body parts. 

Bodi parts ini memang jarang diganti. Bahkan hampir tidak pernah jika tidak terjadi kecelakaan. Tapi jika terjadi kecelakaan, kemungkinan besar harus diganti. 

Sebab jika hanya diperbaiki tentu hasilnya tidak bisa sempurna. Nah kalau sudah begini, untuk mobil-mobil tertentu harga suku cadangnya bisa sangat mahal. 

Mungkin harga mahal tidak masalah jika mobil diasuransikan. Namun, meskipun mobil telah diasuransikan, tapi kalau suku cadangnya sulit didapat juga akan menyusahkan. Ada yang harus menunggu berbulan-bulan hanya untuk mendapatkan suku cadang. 

Biasanya mobil yang suku cadangnya sulit didapat adalah mobil built-up  keluaran importir umum. Selain harganya selangit, barangnya juga sulit didapat. Kasus Honda Oddysey versi IU dari Australia yang dasbornya dicuri. 

Harga komponen itu bisa mencapai puluhan juta! Selain mahal, juga harus mengimpor dari Australia dengan memakan waktu hingga 4 bulan. 

Namun bukan berarti keluaran ATPM pasti lebih mudah. Ada juga mobil tertentu yang body parts-nya sulit dan mahal. Misalnya, Toyota Crown 2006. 

Jadi kalau mau mudah, ada baiknya memilih mobkas keluaran ATPM dan yang populasinya banyak. Bahkan mobil-mobil Korea pun juga tidak ada masalah asal modelnya laku di pasaran. 

(http://autobild.co.id/read/2010/12/17/1427/30/12/Body-Parts-Mahal-Susah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

facebook

dhiandra naufal

Youtube

Dhiandranimation 95

instagram

DA95 (Dhiandranimation)
 
Blogger Templates